Friday, October 19, 2012

Perayaan Minggu ke-3 Program Jalan-Lari


It’s the week of celebration!

Minggu ke-3 program jalan-lari saya lumayan sukses. 50 menit yang menyenangkan di Selasa dan Kamis pagi saya bagi menjadi 5 menit jalan + 5 menit lari (kecepatan  6.8 km/jam) sebanyak 3 set, dilanjutkan dengan jalan kaki menanjak (tanjakan tingkat 3) selama 5 menit dan jalan kaki untuk cooling down sampai berhenti selama 5 menit. Karena tersedia sepeda statis kosong, lumayan lah 5 menit santai-santai di sana sambil nonton TV sebelum akhirnya pendinginan 5 menit. Urusan mandi dan cuci+keringin rambut yang malah lama, hahaha….

Yang mengejutkan adalah ternyata saya bisa juga lho lari… meskipun mulainya pelan-pelan, tapi ada perkembangan. Saya nggak pasang target muluk-muluk, yang penting setiap minggu saya tambah 1 menit lari dengan mengurangi porsi jalan kakinya. Strategi saya ini juga mirip-mirip dengan rekomendasi dari  Running.About.com yang membahas pernik-pernik dan tips running & walking. Nggak apa-apa deh mulainya di treadmill, yang penting konsisten aja dulu mengingat istiqomah itu kan susah banget. Lagian banyak juga kok keuntungan lari di treadmill, apalagi buat pemula, misalnya:
·        -  lari jadi lebih mudah serta tekanannya untuk kaki dan lutut tidak terlalu berat,
·         - kita bisa mengukur dan mengendalikan kecepatan,
·         - nggak terganggu dengan cuaca di luar ruangan,
·         - nyaman, dan
·         - bisa dilakukan sambil melakukan hal lain.

Manfaat yang saya rasakan sejauh ini?
Hmm, kalau soal tidur lebih nyenyak..itu nggak usah diitung kali ya.. saya kan tukang tidur! Dari berbagai manfaat dan alasan olahraga lari, saat ini saya fokus pada peningkatan kesehatan fisik, menjalani pengalaman dan tantangan baru,  dan menambah energi untuk melakukan hal-hal lainnya. Alhamdulillah, badan saya terasa lebih segar. Itu pasti disebabkan peredaran darah yang lebih lancar dan aliran nafas yang lebih teratur. Tapi selain dampak kebugaran, yang terpenting saya juga merasakan dampak positif secara psikologis. It’s about starting and doing something good and fun for myself; only for my own happiness.

Saya merayakan keberhasilan minggu ke-3 ini dengan berbagi cerita dan semangat ke Ade, teman kantor saya yang mulai nge-gym juga minggu ini. Hmmm, yang rada sableng saya juga kasih bonus ke diri sendiri berupa es krim Walls Neapolitan pake roti tawar..hehe, biar serasa di Singapura nontonin orang jogging sambil makan Uncle's Ice Cream. 

Wish me the best luck for the 4th week, will you?

No comments:

Post a Comment